Website Resmi SMP MARIA IMMACULATA MARSUDIRINI

PERAN PENTING PETUGAS PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA 

DI SMP MARIA IMMACULATA MARSUDIRINI YOGYAKARTA

Oleh: Y. Sigit Prasetyo, S.Pd., M.Pd.

 

Perpustakaan sekolah adalah tempat yang penting dalam mendukung perkembangan intelektual siswa. Di SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta, petugas perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meningkatkan minat baca para siswa. Melalui berbagai upaya yang cermat dan terencana, mereka berusaha menciptakan lingkungan yang merangsang minat baca siswa.

Berikut adalah beberapa upaya yang mereka lakukan:

  1. Seleksi Buku yang Menarik dan Relevan:
    Petugas perpustakaan secara berkala melakukan pemilihan buku yang sesuai dengan minat dan usia siswa. Mereka memastikan perpustakaan memiliki koleksi buku-buku yang up-to-date, mencakup berbagai genre, mulai dari fiksi hingga nonfiksi, dan mencakup topik-topik yang relevan dengan kehidupan siswa.
  2. Petugas perpustakaan secara berkala melakukan pemilihan buku yang sesuai dengan minat dan usia siswa. Mereka memastikan perpustakaan memiliki koleksi buku-buku yang up-to-date, mencakup berbagai genre, mulai dari fiksi hingga nonfiksi, dan mencakup topik-topik yang relevan dengan kehidupan siswa.
  3. Pengaturan Tampilan yang Menarik:
    Tampilan buku yang menarik dan kreatif dapat memikat perhatian siswa. Petugas perpustakaan merancang tampilan buku yang berbeda-beda sesuai dengan tema tertentu, musim, atau perayaan tertentu. Ini membuat siswa tertarik untuk menjelajahi buku-buku yang ada.
  4. Program Baca Bersama:
    Petugas perpustakaan mengadakan program baca bersama secara berkala. Acara ini menciptakan kesempatan bagi siswa untuk mendengarkan cerita-cerita menarik dan berdiskusi tentang buku yang telah mereka baca. Ini tidak hanya membangun minat baca tetapi juga meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan.
  5. Kelas Pustaka:
    Petugas perpustakaan bekerja sama dengan guru-guru untuk mengadakan kelas pustaka yang terintegrasi dengan kurikulum. Dalam kelas ini, siswa diajak untuk melakukan penelitian, mengembangkan proyek-proyek kreatif, dan memanfaatkan sumber daya perpustakaan secara maksimal.
  6. Promosi Literasi:
    Petugas perpustakaan aktif dalam promosi literasi di sekolah. Mereka mengadakan kontes penulisan, klub buku, dan kegiatan literasi lainnya yang mengajak siswa untuk mengeksplorasi dunia tulisan.
  7. Dukungan Individual:
    Petugas perpustakaan memberikan dukungan individual kepada siswa yang memerlukan rekomendasi buku sesuai minat mereka. Hal ini membantu siswa merasa didengarkan dan diberikan perhatian khusus.
  8. Pemanfaatan Teknologi:
    Mengikuti perkembangan teknologi, petugas perpustakaan juga memastikan bahwa siswa memiliki akses ke buku digital, e-book, dan sumber daya online lainnya. Ini memberikan variasi dalam cara siswa mengakses informasi dan cerita.
  9. Pelatihan Literasi:Petugas perpustakaan juga memberikan pelatihan literasi kepada siswa, termasuk keterampilan membaca yang baik dan pentingnya literasi dalam kehidupan mereka.

Melalui upaya ini, petugas perpustakaan di SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta berperan kunci dalam membantu siswa mengembangkan minat baca yang kuat. Mereka menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi, kreativitas, dan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia literasi, membantu siswa tumbuh menjadi pembaca yang gemar dan mahir. Semoga. #YSP.

Share this