Website Resmi SMP MARIA IMMACULATA MARSUDIRINI

Retret Virtual Kelas IX

 

Aku Siap Dibentuk Menjadi Pribadi Yang Tangguh

 

Menutup bulan Oktober, selama 3 hari dari tanggal 27, 28, dan 29 Oktober 2021, para siswa kelas 9 SMP Maria Immaculata mengikuti retret yang dilaksanakan secara virtual. Para siswa kelas 9 antusias mengikuti kegiatan tersebut terbukti dari setiap tatap muka virtual selalu hadir dan aktif dalam mengikutinya.

Hari pertama retret dibuka dengan doa oleh koordinator kelas 9 Y. Sigit Prasetyo, M.Pd., dilanjutkan seremonial pembukaan retret virtual oleh Kepala Sekolah F. Dody Darmawan, S.Kom. Dalam sambutannya Kepala Sekolah berpesan, walaupun secara virtual diharapkan tidak mengurangi semangat para siswa dalam mengikuti rangkaian kegiatan retret selama 3 hari. Siswa juga diingatkan mengenai semangat Immaculata untuk menjadi siswa yang muda, disiplin, kreatif, dan berbudaya.

Hari pertama mengangkat tema “Aku Diciptakan-Nya Istimewa”. Romo Emanuel Grasius Purwohartoko, SVD menjelaskan tentang Siapakah Aku, dilanjutkan oleh bu Rini dengan Aku Berarti. Pada kesempatan retret di hari pertama ini anak-anak semakin menyadari tentang dirinya dan betapa dirinya sangat berarti bagi Tuhan, dan sesama. Maka para siswa diharapkan sungguh mengoptimalkan potensi yang diberikan oleh Tuhan untuk dikembangkan menjadi manusia yang sempurna.

Pada hari kedua retret disampaikan dengan tema “Tuhan Memberkatiku Lewat Keluarga”. Di hari yang kedua ini para siswa kembali diingatkan tentang betapa keluarga itu sungguh besar perannya terhadap perkembangan pribadi para siswa. Seperti apapun kondisi dan latar belakang keluarga siswa, Tuhan mempunyai rencana yang indah dalam keluarga tersebut. Maka layak dan pantas untuk senantiasa bersyukur atas keluarga yang Tuhan anugerahkan kepada para siswa. Di akhir sesi pada hari kedua Romo Grasius mengajak para siswa untuk saling mengampuni lewat tema “Aku Mau Disembuhkan dan Menyembuhkan”. “Aku Siswa Marsudirini yang Tangguh” diangkat menjadi tema untuk hari ketiga, siswa diingatkan akan teladan ibu Magdalena Daemen dan bapak Fransiskus Assisi. Retret diakhiri pada hari ketiga dengan misa syukur yang dipimpin oleh Romo Grasius, SVD. Syukur atas terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan, serta bersyukur atas berkat Tuhan yang berlimpah atas diri para siswa dan keluarganya.

Selamat kepada para siswa dan seluruh Tim Retret kelas 9, juga kepada seluruh keluarga besar SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta. Immaculata, MUDA, DISIPLIN, KREATIF, dan BERBUDAYA. (YSP)

Share this 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on email

Satu pemikiran pada “Retret Virtual Kelas IX”

Tinggalkan komentar