Website Resmi SMP MARIA IMMACULATA MARSUDIRINI

Sejarah SMP Maria Immaculata Marsudirini

SMP Maria Immaculata Marsudirini merupakan sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Marsudirini berpusat dijalan Ronggowarsito 8 Semarang. Sejarah SMP Maria Immaculata diawali ketika Yayasan Kanisius pasca perang kemerdekaan membentuk MULO Katolik (SMP), para Bruder FIC diminta menangani murid laki-laki, sedang murid putri diserahkan kepada para Suster OSF.

Peristiwa ini seiring dengan keluarnya Kebijakan Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1952, tentang pengelolaan sekolah-sekolah swasta. Sekolah-sekolah swasta harus dikelola oleh Yayasan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah tersebut, Keuskupan Agung Semarang mendirikan Yayasan Kanisius yang menaungi semua sekolah Katolik, termasuk sekolah-sekolah Katolik milik Suster-suster OSF. Dalam perkembangan waktu tarekat-tarekat mendirikan Yayasan sendiri dan melepaskan diri dari Yayasan Kanisius.

Pada tanggal 5 Juli 1954 para Suster OSF mendirikan Yayasan Marsudirini yang menaungi sekolah-sekolah OSF, termasuk di dalamnya SMP Maria Immaculata Marsudirni Yogyakarta. Saat awal berdiri SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta hanya menerima murid putri saja, dengan jumlah 4 lokal paralel.

Status SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta mengalami perubahan serta perkembangan kejenjang yang lebih baik sesuai dengan kebijakan pemerintah, dari berstatus Bersubsidi pada tanggal 15 Februari 1950, menjadi status Disamakan pada tanggal 12 Mei 1986.

Usaha memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan murid putra diijinkan oleh pihak sekolah untuk itu pada tahun 1993 SMP Maria Immaculata Marsudirini menerima siswa putra. Dalam perkembangannya semakin banyak warga masyarakat yang mempercayakan pendidikan putra-putrinya ke SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta, sehingga pada tahun 1993 SMP Maria Immaculata Marsudirini Yogyakarta menambah lokal menjadi 6 paralel

Share this 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on google
Share on email